SOAL UTS (Ulangan Tengah Semester) PKn KELAS 7 SEMESTER 1
I.Pilihlah salah satu tanggapan yang paling sempurna pada soal di bawah ini !
1. Perbedaan antara Adat dan Hukum Adat terletak pada ...
a. sumbernya
b. isinya
c. sanksinya
d. tempat berlakunya
2. Ada empat macam norma, kecuali ...
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. kepercayaan
3. Marlinda berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua. Perilaku Marlinda merupakan pelaksanaan dari norma ...
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum
4. Dalam kehidupan bernegara, norma yang dianggap paling tegas yaitu norma ...
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum
5. Tujuan pokok dari hukum, yaitu ...
a. keseimbangan
b. keselarasan
c. kepastian
d. ketertiban
6. Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, yaitu ...
a. Ius Constituendum
b. Ius Soli
c. Ius Sanguinus
d. Ius Constitutum
7. Salah satu sumber aturan diantaranya yaitu ...
a. jurisprudence
b. undang – undang
c. dekrit
d. coup d’etat
8. Hukum yang dicita – citakan oleh bangsa Indonesia yaitu ...
a. aturan nasional
b. sistem aturan nasional
c. sub sistem aturan nasional
d. sub aturan nasional
9. Menyebrang jalan melalui zebra cross, sebaiknya dilakukan alasannya yaitu ...
a. ingin dipuji
b. takut
c. sesuai dengan aturan yang berlaku
d. terpaksa
10. Penduduk yaitu seseorang yang ...
a. tinggal di suatu tempat
b. tinggal di suatu tempat tertentu
c. tinggal di suatu daerah
d. tinggal di suatu tempat tertentu
11. Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yaitu …
a. untuk menjalin korelasi yang dekat diantara sukusuku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
b. dorongan dan rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c. untuk mengatakan kepada dunia luarbahwa bangsa Indonesia yaitu bangsa yang merdeka dan berdaulat
d. perwujudan adanya bangsa gres dengan negara baru.
12. Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa lain yaitu ...
a. bahwa bangsa Indonesia yaitu bangsa yang merdeka yang mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain.
b. untuk mengatakan bahwa bangsa Indonesia semenjak ketika itu sudah merdeka dan berdaulat.
c. menjalin korelasi yang dekat diantara suku-suku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air.
d. perwujudan adanya bangsa gres dengan negara gres yang mempunyai tanggungjawab yang berat dalam mencapai impian kemerdekaan.
13. Bangsa Indonesia mengakui bahwa insan yaitu makhluk Yang Mahakuasa Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah usaha bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Yang Mahakuasa Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengukuhan adanya …
a. nilai hak kodrat
c. nilai pemersatu bangsa
b. nilai religius
d. nilai demokrasi
14. Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama bangsa Indonesia disusun oleh wakilwakil rakyat Indonesia yang duduk di BPUPKI yang bersidang dan berdiskusi serta mengambil keputusan dan atas akad bersama mengenai isi dari Undang- Undang Dasar 1945, oleh alasannya yaitu itu Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama mempunyai …
a. nilai hak kodrat
c. nilai pemersatu bangsa
b. nilai religius
d. nilai demokrasi
15. Yang dimaksud nilai hak kodrat yang terdapat dalam Konstitusi pertama yaitu …
a. hak yang merupakan karunia dari Yang Mahakuasa Yang Maha Esa yang menempel pada insan sebagai makhluk individu dan makhluk social.
b. hakikat insan sebagai ciptaan Yang Mahakuasa Yang Maha Esa yang selalu tunduk dan setia kepada Nya.
c. kodrat sebagai bangsa yang merdeka yang memperjuangkan kemerdekaannya dengan jerih payah sendiri bukan dari derma bangsa lain;
d. hak atas kehidupan yang layak bagi setiap insan dengan kewajiban yang hakiki harus dijalankan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
16. Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kecerdikan dalam permusyawaratan/ perwakilan
17. Pokok Pikiran III yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kecerdikan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
18. Pokok Pikiran IV yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kecerdikan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
19. Berikut ini merupakan pola perilaku faktual terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan …
a. menunggu perintah dari negara untuk menyerang negara musuh;
b. menjadi pengemis untuk menyambung hidup;
c. berguru ulet guna memajukan pendidikan bangsa;
d. berani menentang kebijakan yang lebih populis.
20. Contoh perilaku faktual terhadap nilai-nilai Konstitusi Pertama yaitu …
a. menjunjung tinggi aturan yang berlaku
b. berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c. mendukung usaha menentang lawan dengan kekerasan;
d. bertanding demi ketenaran dan imbalan hadiah
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan sempurna !
- Tuliskan 2 (dua) pola yang terdapat dalam setiap norma !
- Tuliskan perbedaan antara norma aturan dan norma bukan hukum!
- Tuliskan 3 ciri-ciri aturan !
- Tuliskan salah satu kasus aturan yang pernah kalian baca di media cetak (surat kabar, jurnal, majalah, dll) atau kalian liat di media elektronik (TV, Internet, dll)
- Tuliskan masing-masing satu pola hak dan kewajiban kalian di rumah, disekolah, masyarakat dan negara
- Uraikanlah makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
- Apa yang dimaksud dengan suasana kebatinan Undang-Undang Dasar 1945.
- Samakah konstitusi dengan undang-undang dasar? Jelaskan.
- Berikanlah tiga pola perbuatan atau tindakan mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.
- Berikanlah tiga pola perilaku faktual terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Buku Bacaan : Contextual Teaching and Learning Pendidikan Kewarganegaraan: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VII (BSE)