Penilaian Tengah Semester 1 (PTS) atau yang dulu dinamakan Ulangan Tengah Semester (UTS) Kelas 8 (VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 (K-13) mencakup 3 pokok bahasan yaitu: Pola Bilangan, Koordinat Kartesius, Relasi dan Fungsi.
Berikut ini yaitu soal dan pembahasan balasan Penilaian Tengah Semester 1 (gasal/ganjil) mata pelajaran matematika kelas 8 SMP/MTs berdasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang mencakup pokok bahasan Pola Bilangan, Koordinat Kartesius, Relasi dan Fungsi. Soal ini dapat digunakan sebagai materi latihan dalam menghadapi PTS/UTS.
A. Pilihan Ganda
1. Tentukan tiga suku berikutnya dari rujukan 2, 3, 5, 8, ..., ..., ....A. 13, 21, 34
B. 12, 17, 24
C. 9, 11, 15
D. 11, 14, 17
2. Tentukan dua suku yang tidak diketahui dari pola: 2, -1, 3, 4, 1, 5, 6, 3, 7, ..., ....
A. 11, 8
B. 10, 7
C. 9, 6
D. 8, 5
3. Tentukan karakter yang hilang dari pola: A, B, D, ..., G, J, J, M, N.
A. E
B. F
C. G
D. H
4. Tiga rujukan selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 11, 16, ..., ..., ....
A. 15, 25, 19
B. 18, 23, 26
C. 20, 16, 28
D. 20, 25, 26
5. Tiga rujukan selanjutnya dari 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ....
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19
6. Dua rujukan selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, ..., ....
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29
7. Perhatikan rujukan bilangan berikut.
(2, 6), (3, 11), (5, 19)
Pernyataan yang sempurna untuk mendapat bilangan kedua dari bilangan pertama pada rujukan tersebut yaitu ....
A. ditambah 4
B. dikalikan 3
C. dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. dikalikan 2 kemudian dikurangi 1
8. Titik-titik yang ada di kuadran III yaitu ....
A. (6, 5)
B. (-6, 5)
C. (6, -5)
D. (-6, -5)
9. Koordinat titik A yaitu (-5, 3). Jarak titik A dari sumbu-Y yaitu ....
A. 5 satuan
B. 3 satuan
C. -3 satuan
D. -5 satuan
10. Koordinat titik berikut yang berjarak 7 satuan dari sumbu-X dan 4 satuan dari sumbu-Y adalah....
A. (7, 4)
B. (-7, 4)
C. (4, 3)
D. (-4, -7)
11. Garis k melalui (-3, 5) dan (0, 5). Sedangkan garis m melalui (-3, 3) dan (-1, 3). Posisi garis k dan m adalah....
A. sejajar sumbu-X
B. sejajar sumbu Y
C. tegak lurus sumbu X
D. berpotongan dengan sumbu X
12. Dika sedang latihan baris-berbaris. Mula-mula ia berjalan ke timur 4 langkah, kemudian 3 langkah ke Utara. Jika titik awal Dika berjalan yaitu titik (1, 1), maka koordinat Dika kini adalah....
A. (0, 3)
B. (4, 0)
C. (5, 4)
D. (4, 3)
13. Sebuah berdiri mempunyai koordinat A(1, 3), B(1, 1), C(5, 1), dan D(3, 3). Bangun yang dibuat oleh titik-titik tersebut adalah...
A. trapesium
B. persegi panjang
C. jajargenjang
D. persegi
14. Diketahui titik A(0, 0), B(6, 0), dan D(2, 3). Maka koordinat titik C semoga ABCD menjadi trapesium sama kaki adalah....
A. (3, 4)
B. (4, 3)
C. (0, 6)
D. (3, 2)
15. Diketahui A = {x | 1 ≤ x < 4, x ∊ A}, B = {2, 3, 5, 7}. Banyaknya fumgsi dari A ke B yaitu ....
A. 7
B. 12
C. 64
D. 81
16. Suatu fungsi f(x) = mx + n. Jika f(-2) = -9 dan f(3) = 11, nilai m dan n yaitu ....
A. -4 dan 1
B. 4 dan 1
C. -4 dan -1
D. 4 dan -1
17. Suatu fumgsi dengan rumus f(x) = 4 - 2x², f(-5) yaitu ....
A. -46
B. 54
C. 46
D. 104
18. Diketahui g : x → x² - 5x + 4 dengan domain {-2, -1, 0, 1, 2} maka tempat jadinya yaitu ....
A. {-2. 0, 6, 10, 15}
B. {-2, 0, 4, 8, 10}
C. {-2, 0, 4, 10, 18}
D. {-2, 0, 6, 8, 18}
19. Jika f(x) = x² + 2 dan g(x) = 2x + 5 dan f(x) = g(x). maka x yaitu ....
A. 3 atau 1
B. -3 atau 1
C. 3 atau -1
D. -3 atau -1
20. Himpunan berikut yang merupakan fungsi yaitu ....
A. {(1, 1),(1, 2), (1, 3), (1, 4), (1, 5)}
B. {(1, 2),(2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 6)}
C. {(4, 2),(4, 3), (3, 1), (3, 2), (1, 1)}
D. {(4, 2),(3, 2), (2, 2), (2, 3), (1, 2)}
B. Soal Essay
1. Perhatikan gambar berikut! Tentukan:
a. Banyak bola pada rujukan ke-5
b. Banyak bola pada rujukan ke-39
2. Diketahui K(2, 0), L(4, -4), M(6, 0). Tentukan nilai N, sehingga jikalau keempat titik tersebut dihubungkan akan membentuk belah ketupat.
3. Suatu fungsi dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b. Jika f(2) = -3 dan f(-3) = 7, tentukan nilai a dan b.
KUNCI JAWABAN
A. PILIHAN GANDA
1. A 11. A2. D 12. C
3. B 13. A
4. A 14. B
5. C 15. C
6. B 16. D
7. D 17. A
8. D 18. C
9. A 19. C
10. D 20. B
B. SOAL ESSAY
1. a. Pola ke-5 = 6² + 4 = 36 + 4 = 40
b. Pola ke-39 = 40² + 4 = 1600 + 4 = 1604
2. N(4, 4)
3. 2a + b = -3
-3a + b = 7
––––––––– –
5a = -10
a = -2
a=-2 disubstitusikan ke persamaan 2a + b = -3, sehingga menjadi:
2.-2 + b = -3
-4 + b = -3
b = 1
Jadi, nilai a = -2 dan b = 1.