Berikut ini ialah teladan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini sanggup digunakan untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian PTS/PTS.
I. Pilihlah tanggapan yang paling sempurna diantara aksara A, B, C atau D, dengan cara menghitamkan bulat pada lembar jawab yang tersedia!
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Pengalaman ini sebetulnya tidak perlu terjadi alasannya ialah sanggup diatasi, tetapi insiden ini terjadi begitu saja. Saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan gres yang berdasarkan saya sangat baik. Dia memperlihatkan betapa baiknya dirinya dengan selalu membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami bertemu untuk pertama kali ketika registrasi calon penerima pidato tingkat nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya ialah orang yang sangat pelupa sehingga tidak jarang saya meninggalkan kiprah yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit menghafal nama orang. Namun, sobat gres saya ini selalu membantu. Kehadirannya sangat membantu saya. Kami pun sangat dekat.
Beberapa usang sesudah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada diri sobat saya. Ternyata dia suka membuang daftar yang berisi agenda-agenda yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya menciptakan daftar untuk mengatasi sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang pelupa. Setelah dia tahu semua wacana saya, dia berusaha untuk memusuhi saya secara diam-diam.
Saya yang bersifat terbuka dengan orang lain mendapat pelajaran berharga bahwa berhati-hati dan tidak gampang percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima memang fatal. Namun, kalau saya lebih sanggup menjaga diri niscaya insiden ini sanggup dicegah.
1. Kelemahan yang dimiliki penulis dongeng ialah . . . .
A. bersikap ceroboh
B. kurang perhatian pada orang lain
C. pelupa dan gampang percaya kepada orang lain
D. menganggap setiap persoalan dengan sepele
2. Peristiwa kurang menyenangkan yang dialami penulis dongeng ialah . . . .
A. dikhianati sobat yang ia percaya
B. dirugikan dalam keuangan
C. ditipu dalam suatu urusan
D. disombongi temannya
3. Berdasarkan struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan belahan . . .
A. orientasi
B. interpretasi
C. insiden
D. koda
4. Nilai atau pelajaran yang terdapat dalam dongeng tersebut ialah . . .
A. Kita harus memperbanyak teman.
B. Kita harus berhati-hati dan waspada dengan perilaku orang lain.
C. Kita harus membantu sobat yang membutuhkan bantuan.
D. Watak orang harus kita kenali dengan baik.
5. Pernyataan yang sempurna wacana teks eksemplum adalah...
A. merupakan teks dongeng yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku.
B. merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan.
C. merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh.
D. merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah konkret dalam kehidupan untuk keperluan informasi.
6. Struktur yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada belahan ....
A. kesimpulan
B. penyelesaian
C. interpretasi
D. amanat
7. Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A. orientasi, defenisi umum, defenisi khusus
B. orientasi , kalimat topik, deskripsi
C. orientasi, insiden, interpretasi
D. orientasi, insiden, kesimpulan
8. Perhatikan kalimat acak berikut!
1) Saya pun menuruti permintaannya, meskipun pada ketika itu saya belum memiliki SIM.
2) Ketika akan berangkat, abang menyuruh saya untuk duduk di depan alasannya ialah dia mengantuk.
3) Kakak saya berpesan, “Jika nanti ada operasi zebra, kau berhenti saja. Jangan panik.”
4) Kemudian kami hingga di perbatasan kota. Tidak ada operasi juga di sana.
5) Satu jam menempuh perjalanan rasanya aman-aman saja, tidak ada operasi apapun.
Urutan kalimat yang benar biar membentuk paragraf yang logis dalam teks eksemplum ialah . . . .
A. 2-3-4-1-5
B. 2-1-4-3-5
C. 2-1-3-5-4
D. 2-1-5-3-4
Bacalah kutipan teks eksemplum berikut!
Kami mengalami luka-luka dan dibawa ke salah satu rumah warga. Ketika ada seorang polisi yang akan mendekati kami, abang saya berpesan, “Jika nanti ditanya polisi, siapa yang mengemudi, bilang saja Kakak. Kakak tadi jatuh alasannya ialah mengantuk.” Saya hanya mengangguk mendengar undangan Kakak saya. [ . . . ]
9. Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas ialah . . .
A. Sepeninggal polisi tersebut, si pemilik rumah keluar dan mengobati luka kami kami.
B. Beruntung polisi tidak meragukan kalau saya yang mengendarai sepeda motor tersebut.
C. Tuhan masih mengatakan kami keselamatan walaupun kami mengalami banyak luka.
D. Benar saja, polisi tersebut menanyakan hal serupa dan meminta abang saya untuk memperlihatkan SIM beserta STNK-nya.
Perhatikan kutipan dua teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-13!
Teks 1.
Siang itu, saya pulang dari sekolah dengan wajah lesu. Nilai matematika yang saya dapatkan hari itu sangat memalukan. Seperti biasa, ibuku selalu menanyakan wacana nilai yang didapatkan anaknya setiap pulang sekolah. Sambil mengeluarkan buku dari dalam tas sekolahku, ibuku bertanya, “Hari ini kau sanggup nilai berapa, Nak?” Aku hanya termangu dan sulit untuk berkata-kata, hingga ibuku mengulangi pertanyaanya. Dengan wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan bunyi lirih. “Matematika aku, mendapat nilai dua, Bu.” Mendengar jawabanku ibu pun marah. Dilemparkan buku matematika itu sempurna di depanku. Kemudian dia menasihati aku.
Teks 2.
Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya. Rose heran sekali. Saat Rose ke sekolah, Nenek Lucy pergi ke seorang teknisi.
10. Berdasarkan dua teks di atas, pernyataan di bawah ini yang paling benar ialah . . . .
Teks 1 | Teks 2 | |
A. | Insiden dari teks eksemplum | Komplikasi dari teks cerpen |
B. | Orientasi dari teks eksemplum | Resolusi dari teks cerpen |
C. | Komplikasi dari teks cerpen | Resolusi dari teks eksemplum |
D. | Orientasi dari teks cerpen | Komplikasi dari teks eksemplum |
11. Dari kutipan teks 1, kalimat yang memakai kata keterangan cara ialah . . .
A. Mendengar jawabanku ibu pun marah.
B. Dilemparkan buku matematika itu sempurna di depanku.
C. “Hari ini kau sanggup nilai berapa, Nak?”
D. Siang itu, dengan wajah lesu saya pulang dari sekolah.
12. Bukti bahwa ibu sayang pada kutipan teks 1 ialah . . .
A. Ibu melemparkan buku matematika di depanku.
B. Ibu menanyakan hasil ulangan matematika.
C. Ibu mengeluarkan buku dari dalam tasku.
D. Ibu menasihati aku.
13. Kalimat berikut yang memakai keterangan waktu ialah . . .
A. Dengan wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan bunyi lirih.
B. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya.
C. Dilemparkan buku matematika itu sempurna di depanku.
D. Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose
Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 14-16!
Pada suatu hari, saya dan tema-temanku sedang berjalan-jalan di kampungku. Kami melihat sebuah pohon jambu yang sedang berbuah. Pohon jambu itu berada di halaman rumah Pak Ucok. Pak Ucok dikenal sebagai orang yang galak. Namun, kata temanku, ketika itu Pak Ucok sedang tidak ada di rumah.
Melihat keadaan sepi, saya mengatakan diri memanjat pohon jambu itu. Sementara itu, teman-temanku tetap berada di bawah. Satu, dua, tiga, empat buah jambu kujatuhkan dan ditangkap oleh teman-temanku.
Tiba-tiba, pintu rumah Pak Ucok terbuka. Muncullah Pak Ucok dengan sebuah tongkat kanannya. Ia pun menuju ke arah kami. Teman-temanku eksklusif mengambil langkah seribu. Tinggallah saya di atas pohon. Setelah turun, saya dimarahi habis-habisan oleh Pak Ucok. Meskipun dia tidak memukulku dengan tongkatnya, saya sangat takut hingga menangis.
[ . . . ]
Aku berjalan pulang sambil menangis. Dari kejauhan, temaan-temanku menungguku. Mereka justru menertawakanku.
14. Insiden yang terjadi dalam teks di atas ialah . . . .
A. Jatuh dari pohon jambu
B. Mencuri dan tertangkap berair pemiliknya.
C. diejek teman-teman
D. memanjat pohon jambu yang lebat buahnya
15. Bagian interpretasi yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut adalah. . . .
A. Aku sadar bahwa tindakanku itu sama dengan mencuri. Aku tidak meminta izin lebih dahulu kepada pemilik pohon. Itulah kesalahanku. Mencuri sama dengan merampas hak orang lain. Aku tidak ingin mengulangi perbuatan itu lagi. Aku juga tidak ingin orang lain mencuri barang-barang milikkku.
B. Kami pun berlari sekuat tenaga. Sementara itu, Pak Ucok mengejar kami. Ia mengacung-acungkan tongkat kayunya. Peristiwa itu menjadi tontonan warga sekitar. Warga tampak heran bahkan. Ada juga yang bersorak-sorak
C. Ia menyadari bahwa tindakannya melewati batas. Ia harus meminta maaf kepada Pak Ucok. Ia juga harus mengganti barang-barang yang telah diambilnya. Untunglah Pak Ucok orang yang baik. Ia tidak tega membawa permasalahan itu ke polisi.
D. Setelah hingga di rumah, saya mengadukan insiden itu kepada orang tuaku. Orang tuaku justru memarahiku. Padahal, saya ingin orang tuaku membelaku.
16. Kalimat dengan konjungsi antarkalimat terdapat pada kalimat . . . .
A. Paragraf kedua kalimat kedua
B. Paragraf kedua kalimat ketiga
C. paragraf pertama kalimat pertama
D. paragraf ketiga kalimat pertama
17. “Saya menciptakan lukisan alam ini khusus buat kamu, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A. kata keterangan tempat
B. kata keterangan waktu
C. keterangan tujuan
D. keterangan cara
18. Di bawah ini yang merupakan kalimat beragam setara ialah . . .
A. Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B. Ia seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C. Ia seorang perawat sewaktu saya tinggal di sini.
D. Ia seorang perawat, kalau ia bekerja di rumah sakit.
19. Kalimat beragam bertingkat hubungan syarat terdapat pada kalimat . . .
A. Kami berguru dengan sungguh-sungguh biar nilai ujian kami memuaskan.
B. Kami akan berguru lebih serius lagi kalau ujian sudah di depan mata.
C. Kami berangkat ke sekolah lebih cepat dari biasanya alasannya ialah mendapat kiprah piket kelas.
D. Kami berguru sungguh-sungguh sesudah diberi motivasi oleh guru kami.
Dita menyesal alasannya ialah ia menyadari bahwa menciptakan sarang burung itu lebih baik memakai jerami biar kokoh.
20. Kalimat di atas merupakan jenis kalimat . . . .
A. tunggal
B. majemuk bertingkat
C. majemuk setara
D. inti
21. Perhatikan kalimat berikut!
Mereka melakukan aktivitas rutin yang selalu sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian yang mengakibatkan tidak efektif pada kalimat di atas ialah . . . .
A. Mereka, selalu
B. Selalu, sering
C. sering, setiap tahun
D. selalu, setiap tahun
22. Di bawah ini kalimat yang paling sempurna adalah...
A. Ibu guru kami akan berangkat keJambi.
B. Nanti malam kami akan berguru kelompok kerumah Ita.
C. Ima gres tiba dari Sekolah semenjak siang tadi.
D. Setiap Sabtu kami mengikuti aktivitas di sekolah.
23. Jarak antara kami dan spanduk yang berlatar hijau itu lima meter. (menagkap makna)
Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam kalimat di atas kurang tepat. Kata hubung yang sempurna digunakan ialah . . . .
A. atau
B. pada
C. dengan
D. sampai
Cermati kutipan berikut!
(1) Terkadang hal yang begitu menyenangkan, sanggup menjadi sebuah musibah, yang begitu menegangkan. Itulah, yang kualami satu bulan yang lalu. (2) Hari yang begitu menyenangkan untukku dan teman-temanku. (3) Saat itu liburan telah tiba dan kami, tetapkan untuk menghabiskannya di sebuah daerah hiburan. (4) Dengan begitu senang, saya berjalan dengan semangat.
24. Kalimat yang ditulis dengan tanda baca yang benar ialah kalimat . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Baca kutipan berikut untuk soal nomor 25-26!
Kini anak cenderung menimbulkan ibu sebagai orang yang sanggup memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling erat dengan dirinya. Selain sebagai pelindung, ibu juga menjadi sosok teladan bagi anak-anaknya. Dengan demikian, perkembangan kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan keluarganya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini, orang bau tanah hendaknya menjadi teladan yang positif bagi anak-anaknya. Meskipun anak sanggup mengambil teladan orang lain, tetapi ibu tetap sosok terdekat dengan dirinya.
25. Kata hubung antarkalimat dalam teks di atas terdapat adalah. . . .
A. dengan demikian
B. selain sebagai
C. meskipun
D. tetapi
26. Kata hubung intrakalimat yang terdapat dalam kutipan di atas ialah . . . .
A. kemudian, tetapi, meskipun
B. dengan demikian, meskipun, tetapi
C. dengan demikian, kemudian, atau
D. bagi, dalam hal ini, kemudian
Perhatikan kutipan teks berikut!
Pak Lebai ialah seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatra Barat. Pada suatu hari ia mendapat ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga.
Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. Pak Lebai mempertimbangkan untung rugi kedua undangan tersebut. Ia berpikir bahwa kalau ia pergi ke hulu sungai tuan rumah akan memberinya hadiah dua kepala kerbau. Kalau ia pergi ke hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Ia juga kenal betul dengan tuan rumah. Pak Lebai berpikir keras untuk mendapat semuanya.
27. Ringkasan teks di atas yang paling sempurna ialah . . .
A. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia menentukan salah satu undangan yang paling menguntungkan dirinya.
B. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta yang diadakan pada waktu yang sama dari desa tetangga. Dia berpikir keras bagaimana caranya biar mendapat dua-duanya.
C. Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia mencari waktu yang sempurna untuk sanggup menghadiri dua undangan tersebut.
D. Pak Lebai tidak mendapat apa yang diharapkan. Dia kehilangan kepala kerbau dan kue-kue yang enak.
28. Sifat yang dimiliki oleh Pak Lebai ialah . . . .
A. bijaksana
B. pelupa
C. penakut
D. serakah
Perhatikan kutipan berikut!
Kami tiba di stadion sempurna pukul 9 malam. Tribun telah penuh oleh undangan. Satu jam berikutnya program dimulai. Sesuai dengan undangan yang kami terima, program dibuka oleh Gubernur DIY. Pada ketika hiburan ditampilkan, semua penonton merasa puas. Acara malam itu sangat meriah. Kamipun pulang sesudah pertunjukkan kembang api sebagai simpulan kegiatan.
29. Kekurangan kutipan teks eksemplum di atas ialah . . .
A. Menggunakan kata ganti kami.
B. Tidak ada alur aktivitas yang jelas.
C. Bersumber dari pengalaman penulis.
D. Tidak terdapat insiden yang tidak diharapkan.
30. Perbaikan kutipan teks di atas biar menjadi lebih baik ialah . . . .
A. Menghilangkan kalimat kedua.
B. Mengganti kata pada ketika dengan kata ketika.
C. Mengganti kata kami dengan kata ganti saya.
D. Menghilangkan kata semua dan memisahkan pun dari kata kami.
II. Jawablah pertanyaan uraian berikut dengan tanggapan yang paling tepat!
1. Jelaskan ciri-ciri teks eksemplum!
2. Buatlah 2 kalimat dengan keterangan cara!
3. Buatlah 2 kalimat dgengan keterangan tujuan!
4. Buatlah 2 kalimat beragam setara!
Perhatikan kutipan teks berikut!
Liana ialah seorang pelajar yang pandai. Ia selalu mendapat juara kelas semenjak SD hingga SMP. Sayangnya, kepandaiannya ini menciptakan dirinya sombong. Ia enggan menyebarkan kepintaran dengan dengan teman-temannya. Tiap kali ada sobat yang menanyakan kiprah kepadanya, dia enggan mengajari. Bahkan, ketika guru meminta mereka mengerjakan kiprah kelompok, ia selalu ingin mengerjakannya sendiri. Sikap sombong Liana membuatnya dibenci oleh teman-teman sekelasnya.
[ . . . ]
5. Lanjutkan kutipan teks di atas dengan menuliskan insiden sesuai dengan kreativitas kalian!